Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dalam proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Kerjasama ini dilaksanakan guna mengantisipasi segala bentuk kecurangan yang mungkin terjadi dalam proses penerimaan CPNS di tahun 2017.

Menurut Asisten Deputi Koordinasi dan Pemantauan Pelayanan Publik Wilayah II Kemenpan-RB, Jeffrey Muller, Lemsaneg memiliki fungsi dalam mengantisipasi kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2017 yang menggunakan metode enkripsi untuk memproteksi data.
Kemenpan-RB menjamin metode computer assisted test (CAT) yang akan dilakukan dalam proses penerimaan CPNS 2017 aman dari kecurangan. Pasalnya, selain materi soalnya sudah dikunci oleh Lemsaneg, perangkat komputer yang akan digunakan juga akan diperiksa seluruhnya.

Untuk tahun 2017, Kemenpan-RB menyiapkan kursi CPNS di lingkup Kemenkumham dan Mahakamah Agung yang pendaftarannya telah resmi dibuka pada awal Agustus 2017 melalui sistem online.

Karena itu, untuk mengantisipasi tindak kejahatan di dunia maya yang makin merebak di tanah air, Kemenpan-RB mengajak Lemsaneg untuk memproteksi sistem. Termasuk mengajak para penggiat IT untuk memantau pelaksanaannya.

Dengan adanya proteksi yang diterapkan oleh Lemsaneg, diharapkan proses penerimaan CPNS di tahun 2017 akan berjalan lancar serta bebas dari kecurangan-kecurangan.

(oen)

Posted in Berita, Informasi, Topik Utama