Pada 4 Oktober 2017 bertempat di Kantor Kemenpan RB diselenggarakan acara Peluncuran e-Government Kemenpan RB. Acara dihadiri oleh Menko Polhukam, Wiranto, Menpan RB Asman Abnur, Pejabat Kemenpan RB, Pejabat K/L serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Menpan RB, Asman Abnur menyatakan bahwa untuk mewujudkan birokrasi pemerintahan yang lincah, efektif dan efisien, diperlukan penerapan e-Government secara masif, terstruktur dan sistematis. Hal itu diperlukan mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang telah mempengaruhi dan memicu perubahan yang sangat revolusioner dalam tatanan kehidupan manusia. Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, saat ini memasuki era connectivity dan internet of think, dimana batasan ruang diterjang dan waktu dipersingkat. Demikian juga dalam tata kelola pemerintahan, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-Government adalah sebuah keniscayaan. Kementerian PANRB sebagai penggerak utama reformasi birokrasi memiliki tanggung jawab untuk bisa menjadi role model nasional penerapan e-Government. Launching e-Government ini adalah momentum aktualisasi tanggung jawab tersebut. Launching e-Goverment ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa kementerian PANRB telah masuk ke zona kompetitif, yakni dengan menerapkan e-Government dalam tata kelola pemerintahan.

Hal ini juga untuk menegaskan bahwa kementerian PANRB memiliki kesiapan optimal sebagai role model e-Goverment nasional, serta dapat memberi inspirasi kepada instansi pemerintah lainnya untuk mengakselerasi penerapan e-Goverment. Kementerian PANRB sebagai penggerak utama (prime mover) reformasi birokrasi, menyadari betul pentingnya peningkatan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan di era digital menuju terwujudnya pemerintahan kelas dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, dari tahun ke tahun kementerian PANRB terus berbenah serta melakukan perbaikan dan inovasi yang dibalut dalam inisiatif bertajuk “Menuju pemerintahan efektif, Efisien dan akuntabel”

Dalam kesempatan launching ini, Kementerian PANRB meluncurkan 7 inovasi dan 1 inovasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yaitu command center-merupakan pusat kendali dan monitoring data pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, e-Office  PANRB SMART- sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha, e-Salam (Sistem Aplikasi Layanan Kementerian PANRB) – (Sistem Aplikasi Layanan Kementerian PANRB), yakni aplikasi layanan kementerian PANRB berbasis web yang berfungsi untuk memberikan informasi ysng lebih cepat, tepat, dan akurat kepada seluruh stakeholders mengenai perkembangan proses berbagai layanan dibidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, e-Karpeg- kartu identitas multifungsi sebagai kartu identitas pegawai, e-Karpeg pun dapat digunakan untuk akses ruangan kerja, ATM serta dilengkapi fasilitas uang elektronik, e-Data-merupakan inovasi untuk mengintegrasikan data pegawai kementerian PANRB dengan data Badan Kepegawaian Negara serta data Tabungan dan Asuransi Pensiun (TASPEN), e-Performance  Based Budgeting –  merupakan aplikasi sistem perencanaan kinerja dan penganggaran, DC dan DRC –  infrastruktur teknologi yang sangat penting dalam menjamin optimalnya sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan Kementerian PANRB, kedepan dapat diintegrasikan dengan DC dan DRC nasional, serta satu inovasi KASN yaitu SIJAPTI – aplikasi dalam rangka  pengawasan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan instansi pemerintah sehingga dapat menjadi lebih cepat, mudah dan murah.

Pada kesempatan ini Kepala Lembaga Sandi Negara diwakili oleh Sekretaris Utama Lemsaneg Syahrul Mubarak, S.IP, M.M menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menpan RB, Dr. H. Asman Abnur, SE, MSi

(Fad/Nov)

Posted in Berita, Infomedia, Pojok Lemsaneg, Topik Utama