Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merupakan organisasi pemerintah yang memiliki peranan dalam menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Sedangkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) berperan dalam bidang Persandian.

Dengan latar belakang itulah kedua Instansi sepakat jalin kerjasama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penyelenggaraan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Bidang Persandian. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 September 2017 di Auditorium Roebiono Kertopati, Lemsaneg.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Kepala Lemsaneg Dr. Djoko Setiadi, M.Si dan Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Kesepakatan ini merupakan tekad bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Kemenristekdikti.

Selain penandatanganan MoU, dilaksanakan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Ketua Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Hendrini, S.IP, M.M dan Kapusdatin Iptek dan Dikti Dr. Andika Fajar. Kerjasama ini meliputi data Mahasiswa STSN.

Kemenristekdikti dalam melaksanakan berbagai kebijakan mempunyai sensitifitas yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung pada aspek kehidupan masyarakat, dan pemerintah pada umumnya. Terutama dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi.

Namun demikian, pemanfaatan teknologi tersebut dapat berpotensi munculnya kerawanan yang mengakibatkan terbukanya sistem komunikasi yang memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi untuk berbagai kepentingan sendiri. Oleh karena itu Lemsaneg sesuai sesuai tugas dan kewenangannya berkewajiban memberikan dukungan keamanan informasi bagi Kemenristekdikti, dalam upaya melakukan perlindungan infrastruktur maupun sistem infomasi dan komunikasi yang telah tergelar di Kemenristekdikti melalui teknik-teknik persandian yang dikembangkan oleh Lemsaneg.

Ke depan penandatanganan MoU ini selain telah diaktualisasikan dalam Perjanjian Kerja Sama sebagaimana tersebut diatas, juga akan diaktualisasikan melalui beberapa perjanjian kerjasama teknis seperti kerjasama teknis bidang pemenuhan dan peningkatan sumber daya persandian, serta pengembangan dan inovasi Persandian.

Posted in Berita, Infomedia, Informasi, Pojok Lemsaneg, Topik Utama