Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) melaksanakan kegiatan Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dengan tema “Perjalanan Sejarah Persandian Menuju Cyber Security”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Tentrem, Yogyakarta (15/05).

Kegiatan Forum Bakohumas merupakan bentuk solidaritas antar-Humas pemerintah untuk berbagi informasi sebagai bahan merumuskan kebijakan di instansi pemerintah. Kali ini kegiatan ini dilaksanakan oleh Lemsaneg di Yogyakarta dengan menunjukkan adanya Museum Sandi dan Rumah Sandi sebagai sejarah persandian di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Kepala Lemsaneg Mayjen TNI (purn) Dr. Djoko Setiadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kebebasan untuk mengakses informasi sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Namun bukan berarti bahwa kebebasan tersebut tanpa batas, terdapat pasal tertentu seperti pasal 17 untuk informasi yang dikecualikan. Informasi tersebut haruslah diamankan untuk mejaga stabilitas negara.

Perkembangan teknologi informasi terus meningkat, namun juga diiringi dengan banyaknya kasus kejahatan di dunia maya (cyber crime). Negara harus mampu menyikapinya dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan atau ancaman terhadap keamanan informasi khususnya informasi sensitif dan strategis.

Pemanfaatan ilmu dan teknologi persandian dapat digunakan untuk menjamin keamanan informasi. Teknologi ini dapat dimanfaatkan jika sudah terdapat tuntunan dan pijakan dalam mengklasifikasikan informasi. Oleh karena itu perlu adana payung hukum yang memayungi kewajiban mengamankan informasi berklasifikasi.

Dalam forum ini dipaparkan pula gambaran perjalanan sejarah persandian Republik Indonesia dan perkembangan persandian di era siber. Setelah paparan ini, para peserta forum Bakohumas akan meninjau Museum Sandi yang berada di Faridan Muridan Noto Nomor 21 Kotabaru, Yogyakarta dan Situs Sejarah Persandian Rumah Sandi di Dusun Dukuh, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Di Museum dan Rumah Sandi inilah persandian dimulai dan hingga akhirnya kini mengantarkan pada Cyber Security. (AINK)

Untuk mengunduh file-file tentang kegiatan Bakohumas Lemsaneg, silahkan klik tautan dibawah ini:

  1. Sambutan Gubernur DIY
  2. Sambutan Kepala Lemsaneg Dalam Kegiatan Bakohumas
  3. Paparan Sekretaris Utama Dalam Forum Bakohumas
  4. Paparan Kepala BSrE Dalam Forum Bakohumas
  5. Rundown Acara Bakohumas
Posted in Infomedia, Informasi, Topik Utama