Jakarta – Sabtu (30/9), Radio Elshinta, eMajels dan Elshinta TV menyelenggarakan seminar dengan tema “Keamanan Dalam Bisnis Online” di Ruang Melati, Wisma Indocement, Jakarta. Pada seminar yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 tersebut, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara, Anton Setiyawan, S.Si., M.M., diundang untuk menjadi salah satu narasumber seminar. Narasumber lain berasal dari PT. Synnex Metrodata Indonesia, PT. Telkomsel, JogjaCamp IDwebhost, dan Men’s Republic dengan moderator adalah Miss Internet Indonesia 2017, Marsya Gusman.

Pada sesi diskusi panel, Anton menyampaikan bahwa salah satu peran pemerintah dalam keamanan bisnis online adalah mengedukasi para pelaku bisnis, baik pembeli maupun penjual agar berhati-hati dalam melakukan bisnis online. Dalam paparannya, Anton Setiyawan menjelaskan lebih detil hal-hal yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis online, baik dari sisi pembeli maupun penjual. Hal-hal tersebut antara lain:

– Dari sisi pembeli
1. Mewaspadai impersonators (pihak yang diam-diam menggunakan data-data anda)
2. Mengamankan informasi pribadi anda
3. Mengenkripsi data anda
4. Menjaga kerahasiaan kata sandi (password) anda
5. Tidak membagi (share) informasi pribadi pada jejaring sosial

– Dari sisi penjual
1. Memahami data-data pembeli yang anda miliki
2. Memastikan anda hanya memiliki data-data yang anda butuhkan dari pembeli untuk bisnis online anda
3. Mengamankan data-data pembeli
4. Tidak memberikan atau menyebarkanluaskan data-data pembeli
5. Merencanakan langkah penanganan ketika terjadi permasalahan dengan pembeli

Tambahan sekaligus sebagai penutup paparan, Anton Setiyawan menganjurkan para pelaku bisnis untuk memperlakukan password layaknya sikat gigi, yaitu diganti secara periodik dan tidak membagi (share) kepada orang lain.

(RUD)

Posted in Berita, Informasi, Topik Utama