EXSUM 1

Target Kinerja Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk berkontribusi pada agenda ke-1 nawacita, yakni “menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara”; dan agenda ke-2, “membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya”, melalui Persandian dalam pengamanan informasi milik negara atau pemerintah berjalan dengan baik.

Upaya Lemsaneg untuk melakukan penjaminan keamanan informasi milik pemerintah atau negara secara komprehensif dan pengupasan informasi terenkripsi mampu berkontribusi pada penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Sementara itu, dalam Program Reformasi Birokrasi, Lemsaneg juga ikut aktif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih sesuai dengan roadmap reformasi birokrasi.

Kinerja Lemsaneg Tahun Anggaran 2015 dalam kategori B A I K dengan NILAI KINERJA sebesar 91,18% dengan realisasi anggaran sebesar 90,64%. Lemsaneg berhasil mewujudkan 3 sasaran strategis yang ditetapkan yaitu (1) Terjaminnya layanan sistem keamanan informasi berklasifikasi milik pemerintah atau negara (information assurance), (2) Tersedianya informasi hasil analisis penyandian yang berhubungan dengan kepentingan negara, dan (3) Meningkatnya pemanfaatan peralatan sandi karya mandiri yang handal dan dapat menjamin perlindu ngan informasi milik pemerintah atau negara. Sasaran strategis tersebut sesuai dengan yang ditetapkan pada Renstra 2015-2019.

Ketercapaian 3 sasaran strategis tersebut didasarkan pada pengukuran 5 (lima) Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dijadikan sebagai dasar penilaian terhadap keberhasilan atau kegagalan Lemsaneg tahun 2015. Capaian kinerja dituangkan dalam tabel I.1 dan tabel I.2, dimana secara umum dapat disimpulkan bahwa capaian kinerja tersebut telah sesuai dengan target yang ditetapkan, meskipun masih terdapat 1 (satu) IKU yang belum mencapai target secara sempurna dengan status “kuning”.

EXSUM 2

EXSUM 3