Satu Tahun sudah tepatnya pada tanggal 22 November 2017, Balai Sertifikasi Elektronik atau dapat disingkat BSrE telah memberikan pelayanan sertifikat elektronik kepada instansi pemerintah di Indonesia. BSrE sendiri merupakan unit pelaksana teknis di Lemsaneg yang melakukan tugas dan fungsi pelayanan penerbitan serta pengelolaan sertifikat elektronik. Layanan yang diberikan BSrE, di antaranya adalah menerbitkan sertifikat elektronik kepada penggunan yang dapat digunakan untuk: (1) Tanda Tangan Elektronik; (2) Proteksi Email; (3) Proteksi Dokumen; (4) Secure Socket Layer.

Berbagai macam pencapaian telah diperoleh BSrE pada satu tahun belakangan, di antaranya adalah ditandatanginya Perjanjian Kerja Sama antara BSrE dengan 17 instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Penandatangan PKS merupakan bukti legal dari sahnya pelayanan yang diberikan BSrE kepada para pengguna, dalam hal ini instansi pemerintah.

BSrE menyadari tentu ada sedikit banyak kekurangan dalam pemberian pelayanan. Oleh karena itu, BSrE membuat sebuah Survey Kepuasan Pelayanan dan Persepsi Anti Korupsi yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan BSrE serta mengetahui persepsi anti korupsi dari BSrE dalam memberikan pelayanan kepada pengguna.

Survey Kepuasan Pelayanan dan Persepsi Anti Korupsi disebar ke 17 pengguna BSrE. Dari 17 pengguna, 11 diantaranya telah memberikan respon dan berikut ini adalah Grafik dari Hasil Survey Kepusan Pelayanan dan Persepsi Anti Korupsi dari pelayanan BSrE.

Dari Grafik tersebut terlihat bahwa BSrE mendapatkan hasil penilaian yang Sangat Baik dari para penggunanya. Terbukti dari 10 (sepuluh) pertanyaan mengenai Kepuasan Pelayanan yang diberikan BSrE, rata-rata pengguna menyatakan Sangat Setuju bahwa BSrE telah memberikan pelayanan yang baik. Di samping itu, dari 6 (enam) pertanyaan mengenai Persepsi Anti Korupsi, rata-rata pengguna Sangat Setuju bahwa BSrE tidak melakukan KKN dalam memberikan layanannya.

Dalam survey tersebut, BSrE juga menerima saran dan tanggapan yang positif dari para pengguna layanan. Saran-saran tersebut telah BSrE tampung dan akan ditindaklanjuti agar BSrE dapat memberikan pelayanan sertifikat elektronik yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Aamiin.

Posted in Berita, Informasi