Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Dinas Kominfo Pemprov Jabar) sepakat menjalin kerjasama melalui Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang “Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (E-Government) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat”.

Acara diselenggarakan pada hari Selasa, 24 Oktober 2017 di Aula Ir. H Arifin Yoesoef Diskominfo Pemrov Jabar. PKS ini ditandatangani langsung oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan dan Kepala Dinas Kominfo Pemprov Jabar, Hening Widiatmoko serta disaksikan oleh Sekretaris Utama Lemsaneg, Syahrul Mubarak, S.IP, M.M dan Asisten Administrasi Provinsi Jabar, Dr. H.Muhammad Solihin, M.SI.

Kerjasama ini bertujuan mewujudkan payung hukum sebagai landasan kerjasama antar Pemprov Jabar dengan Lemsaneg dalam pemanfaatan sertifikat elektronik untuk mendukung e-government, memberikan pemahaman akan kesadaran mengenai keamanan informasi, serta diharapkan dapat meningkatkan jumlah layanan keamanan informasi yg dikelola Diskominfo Pemprov Jabar.

Hadir mewakili Gubernur Jabar, Asisten Administrasi Pemprov Jabar, Dr. H.Muhammad Solihin, M.SI. dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik kerjasama ini, karena Pemprov Jabar saat ini sedang mengembangkan Jabar Smart Province.

“Kami saat ini sedang mengembangkan Jabar Smart Province sedangkan Pemanfaatan sertifikat elektronik merupakan salah satu program quick wins-nya Bidang Keamanan Informasi dan Persandian di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga kami menyambut kerjasama ini” ungkap Dr. H.Muhammad Solihin, M.SI.

Dikatakan pula dalam sambutannya, Sekretaris Utama Lemsaneg, Syahrul Mubarak menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan tekad bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung penerapan e-government khususnya di lingkungan Pemprov Jabar.

“Kerjasama ini tidak lain adalah upaya Lemsaneg dan Pemprov Jabar untuk menjalankan amanat undang-undang khususnya Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government)”. ujar Syahrul Mubarak.

Ruang lingkup dalam kerjasama ini antara lain Pemberian perlindungan keamanan melalui implementasi sertifikat elektronik dalam E-Government, Terlaksananya promosi layanan keamanan informasi sebagai pelaksanaan urusan persandian, dan Terlaksananya launching penerbitan Sertifikat Laik Operasi dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggunakan sertifikat elektronik.

Pada kesempatan acara ini juga dilaksanakan paparan mengenai pemanfaatan dan pengelolaan sertifikat elektronik serta bagaimana membangun kesadaran keamanan informasi oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan.

Pada akhir acara, dilakukan prosesi Launching Sistem Sertifikasi Laik Operasi (SLO) melalui prosesi penekanan tombol pada layar sentuh oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kepala Bidang Ketenagalistrikan Pemprov Jabar.

Aplikasi SLO ini merupakan hasil sinergi strategis antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas ESDM yang bertanggung jawab atas kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jabar dalam bidang energi dan sumber daya mineral dengan Lemsaneg sebagai pengemban tugas pengamanan informasi milik pemerintah.

Posted in Berita, Infomedia, Informasi, Topik Utama