Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sepakat menjalin kerjasama melalui Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang “Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Pada Sistem Elektronik Di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta”.

Acara diselenggarakan pada hari Kamis, 02 November 2017 di Ruang Bima Balai kota Yogyakarta. PKS ini ditandatangani langsung oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan dan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, RR. Titik Sulastri serta disaksikan oleh Sekretaris Utama Lemsaneg, Syahrul Mubarak dan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Kerjasama ini bertujuan mewujudkan penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan Pemkot Yogyakarta dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Ruang lingkup dalam kerjasama ini antara lain penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada Pemkot Yogyakarta, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik.

Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Penandatanganan PKS antara Kepala Balai Sertifikasi Elektronik dan Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta.

Setelah pelaksanaan penandatanganan PKS, Sekretaris Utama Lemsaneg, Syahrul Mubarak memberikan sambutan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung penerapan e-government khususnya di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

“Kerjasama ini tidak lain adalah upaya Lemsaneg dan Pemkot Yogyakarta untuk menjalankan amanat undang-undang khususnya Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government). Dalam menggunakan Sistem Elektronik Pemkot Yogyakarta perlu memperhatikan aspek-aspek pengamanan untuk menjamin ketersediaan data dan perlindungan informasi publik menggunakan skema kriptografi kunci publik yang diwujudkan dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada e-Government”. ujar Syahrul Mubarak.

Hadir dalam acara PKS, Wakil Walikota Yogyakarta juga dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik kerjasama ini, karena Pemkot Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan penyelenggaraan e-office yang trust, paperless, dan efisien.

“Pelaksanaan pelayanan dan transaksi secara elektronik juga berkembang seiring perkembangan teknologi, namun ada satu permasalahan yakni trust. meskipun sudah banyak sistem elektronik yang dibangun, namun belum ada aspek trust yang baik. kemudian aspek paperless, menjadikan segala pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien. paling tidak menjadi pembelajaran dalam mengelola data, mengembangkan e-office.”

Pada kesempatan acara ini juga dilaksanakan paparan mengenai pemanfaatan dan pengelolaan sertifikat elektronik serta bagaimana membangun kesadaran keamanan informasi oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan.

(nov)

Posted in Bakohumas, Berita, Informasi