Dalam era teknologi informasi sekarang ini transparansi atau keterbukaan menjadi sebuah keniscayaan. Mengutip perkataan Vicente Fox, Presiden Mexico pada Maret 2004 “To Day We Were All In a Glass House, because To Day Everything is Read , and Everything is Heard. Sekarang ini setiap warga negara memiliki hak yang bebas mengakses informasi sebagaimana telah di akomodir dalam Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Didalam UU terdebut tidak semua informasi bisa di akses, didalamnya terdapat informasi yg dikecualikan yang sementara waktu tidak boleh di akses oleh semua orang. Terlebih dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet yang semakin pesat perkembangannya.

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sebagai pengemban tugas pemerintah dibidang persandian melalui Pusdiklat Lemsaneg menjalin kerjasama dengan Balai Diklat SDM Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) di Jakarta 6/12.

Kerjasama ini dalam upaya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang keamanan teknologi informasi. Khususnya informasi yang bernilai sensitif dan strategis.

Lemsaneg mengapresiasi Bapeten dalam meningkatkan kompetensi SDM di bidang keamanan teknologi informasi melalui penyelenggaraan pelatihan kesadaran keamanan teknologi informasi bagi staf maupun stakeholder di lingkungan Bapeten.

Posted in Berita, Infomedia, Informasi, Topik Utama