Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak sepakat menjalin kerjasama melalui Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang “Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Pada Sistem Elektronik Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak”.
Acara diselenggarakan pada hari Selasa, 07 November 2017 di Ruang Rapat Sri Indrapura Kabupaten Siak.  Kerjasama ini bertujuan mewujudkan penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan Pemkab Siak dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Ruang lingkup dalam kerjasama ini antara lain penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada Pemkab Siak, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik.


Acara dimulai dengan sambutan Bupati Siak, Syamsuar. Dalam sambutannya Bupati Siak menyatakan Siak sebagai salah satu satuan pemerintah hasil pemekaran pada proses otonomi daerah terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui aplikasi pelayanan terpadu Kabupaten Siak. Kemenkominfo menetapkan Siak sebagai salah satu dari 25 daerah yang akan dikembangkan menjadi smart city. Untuk itu aplikasi sistem elektronik seperti e-UMKM, e-PPA, e-Usaha dsb perlu dukungan pengamanan Lemsaneg.

Bupati Siak sangat berterima kasih kepada Lemsaneg-BSrE atas dukungannya mewujudkan layanan berbasis elektronik yang aman. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Penandatanganan PKS antara Kepala Balai Sertifikasi Elektronik dengan Pemkab Siak. PKS ini ditandatangani langsung oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan dengan Kepala Dinas Infokom Kabupaten Siak, Arfan Usman dan disaksikan oleh Bupati Siak Syamsuar.


Setelah pelaksanaan penandatanganan PKS, Pada kesempatan acara ini juga dilaksanakan paparan mengenai pemanfaatan dan pengelolaan sertifikat elektronik serta bagaimana membangun kesadaran keamanan informasi oleh Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan. (IR)

Posted in Berita, Infomedia, Informasi, Pojok Lemsaneg, Topik Utama